Monday, July 6, 2015

BENARKAH JODOHMU HANYA 1?


Hy hy Dangkita...Kali ini saya ingin sedikit membahas artikel terkait tentang jodoh,dengan topik benarkah jodoh kita hanya 1.Awal mula saya terpikir akan topik ini karena saya teringat akan obrolan saya dengan seseorang yang lebih tua dari saya,ya yang awalnya kami hanya ngobrol ngalor ngidul di warung Kopi.Obrolan yang mengalir dari kami tanpa memikirkan apa yang akan diobrolkan.Sembari kami asik mengbrol atau bekesahan jar banjar hehehe..si pakde (sebut saja begitu) melontarkan pertanyaan kepada saya “Mas...percaya nggak kalo jodoh kita nggak Cuma 1 “..lantas saya pun menjawab”nggak pakde!!namanya jodoh ya Cuma 1 “.

Ya.ya.ya.!! sebelum membahas lebih jauh, apa sih yang dangkita pahami tentang JODOH.???ada yang berpikir..jodoh itu seseorang yang suatu saat nanti akan menikah dengan kita!! Ada yang memiliki pemahaman JODOH itu adalah seseorang yang akan menjadi pendamping dangkita hingga akhir hayat!!Ada banyak pemahaman tentang JODOH itu sendiri..mungkin tergantung masing-masing personal.

Untuk pemahaman tentang jodoh yang pertama saya sebutkan di atas, timbulah sebuah pertanyaan “ Apakah yang dinamakan Jodoh itu hanyalah sampai dengan pernikahan?” bagaimana dengan banyaknya pasangan yang bercerai setelah menikah.Jika melirik akan pemahaman Jodoh yang kedua yang ada di atas, pertanyaan yang timbul adalah “Bagaimana jika salah satu pasangan meninggal dan pasangan menikah lagi?”.Terus bagaimana dengan seseorang yang memiliki pasangan yang lebih dari 1??...Jika dangkita berpendapat bahwa Jodoh hanya satu (seperti pemahaman saya di atas bersama si Pak de) pasti dangkita bingung ngejawabnya tooo!!!!...paling tidak jika muncul pertayaan-pertanyaan semacam itu membuat dangkita sedikit mengubah persepsi dangkita.

Ada lagi pemahaman yang beredar bahwa Jodoh itu bisa habis!!!! Nah ..kaya makanan donk jadinya kalo gitu ..he.he.he! Jika Dangkita punya pemahaman yang seperti ini, otomatis dangkita mendukung bahwa Jodoh itu tidak hanya 1 Kali, namun bisa berkali-kali.Menurut saya, bagi dangkita yang memiliki pemahaman jodoh itu hanya 1 (seperti saya dulu) itu merupakan harapan atau keinginan kita, ya dapat dikatakan hampir semua orang memiliki harpan seperti itu terutama kaum hawa.

Seperti awal pembukaan pembahasan tadi, pembahasan saya tentang pemahaman lebih dalam di atas memang hampir semua merupakan ucapan si Pak de itu.Namun demikian , pola pikir si Pak de tersebut ada benarnya juga dan cukup dapat diterima oleh logika.Jadi setelah apa yang dia utarakan , pemahaman saya sedikit banyak telah berubah, saya peraya bahwa Jodoh itu tidak hanya 2 atau sekali namun dapat lebih .Akan tetapi saya tetap memberikan batasan akan pemahaman tersebut, dari semua jalan dan pola pikir si pakde yang ada di atas terdapat sebuah kunci atau inti dari itu semua yaitu kemauan dari diri sendiri atau kehendak dangkita.Karena tanpa kehendak dangkita untuk memiliki Jodoh lebih dari 1 semua nggak akan terjadi toh.

Akan tetapi buat dangkita sekalian, tentunya memiliki pandangan tersendiri akan JODOH itu.Jadi semua itu intinya tetap kembali kepada diri kita sendiri.Jika kita tidakmau namun Tuhan berkehendak itu baru yang dinamakan TAKDIR.

No comments:

Post a Comment