Friday, April 24, 2015

DITEMUKANNYA SITUS PERTAMBANGAN NABI SULAIMAN?

Sebagaimana diterangkan dalam Al-quran Nur Karim, Nabi Sulaiaman As, mewarisi sikap dan akhlak Nabi Daud As. Baik dalam hal kerajaan, kemampuannya menaklukan gunug-gunung, burung, bisa bercakap-cakap dengan binatang seperti semut, menguasai jin-jin dan lain sebagainya.(QS An-Naml [27]:16).Demikian juga dengan besi(baja).

Baru-baru ini tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2008 lalu, situs www.natioanalgeographic.com memberitakan , sekelompok penambang di Yordania bagian selatan, menemukan sebuah lokasi penambangan yang diduga berasal dari zaman Nabi Sulaiman As.Tidak dijelaskan secara resmi lokasi penemuan galian tambang tersebut.

Berbagai jenis barang tambang (emas,perak,tembaga,besi,perunggu dan lainnya), yang dulu digunakan oleh Nabi Sulaiman As untuk membangun Haikal Sulaiman (Solomon Tample) miliknya.di Jerusalem.Emas,perak dan perunggu dipergunakan untuk memperindah interior kuil.
Sejauh ini para arkeolog belum menemukan persisnya areal pertambangan di zaman Nabi Sulaiman As .Beberapa pertambangan yang ditemukan di kawasan timur tengah masih jauh lebih muda daripada masa hidup Nabi Sulaiman As yang diperkirakan hidup sekitar abad ke-10 (989-931) SM.

Informasi penemuan areal tambang di Yordania ini sangat mengembirakan bagi para arkeolog dalam rangka meneliti peradaban dan kejayaan Nabi Sulaiman As.Temuan itu semakin diperkuat dengan tes uji karbon terhadap areal tambang tembaaga di Yordania tersebut.Hasil tes menunjukan usia yang sama dengan masa Nabi Sulaiman As.Kawasan tambang tembaga tersebut barada di daerah perbukitan.Di lokasi itu ditemukan bekas-bekas penggalian dan reruntuhan bangunan yang diduga menjadi bagian dari industri pertambangan kuno.

Kawasan itu sebenarnya pernah diteliti pada tahun 1970.Tetapi hasil penelitian menunukan bahwa areal tambang tersebut berusia sekitar abad ke-7 SM, sekitar 300 tahun setelah Nabi Sulaiman As.
Sebelumnnya masih dalam laporan www.nationalgeographic.com pada tanggal 27 Oktober 2007, kabarnya sejumlah pekerja muslim menemukan kuil sulaiman.Kuil itu terletak di sebelah masjid Al-Aqsha.Kendati tidak utuh, kuil Sulaiman itu diyakini masih ada yakni berupa tembok ratapan (wailing wall) yang berseblahan dengan masjid kubah batu (Dome of the Rock).

Di lokasi tersebut para pekerja menemukan berbagai jenis keramik,tembikar yang diduga merupakan peninggalan Sulaiman setelah kehancuran Haikal Sulaiman.

No comments:

Post a Comment