Friday, April 24, 2015

PENEMUAN BESI


Sebagaimana diterangkan dalam al-quran, Nabi Daud As adalah seorang Nabi yang mempunyai kerajaan.Namun, sebelum Allah SWT menganugrahkan kerajaan kepadanya, Nabi Daud As terlebih dahulu harus berjuang bersama Thalut untuk melawan Jalut, serta berperang melawan pasukan lainnya.

Dalam beberapa peperangan itulah Nabi Daud As diperintahkan unutk memanfaatkan besi sebagai alat peperangan (senjata), seperti pedang,pisau,tombak,panah, maupun baju perang.
Dan kami ajarkan kepada Daud baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah)”(QS Al-Anbiyaa’[21]:80).
Kemudian dalam surat Saba’[34] ayat 11, Nabi Daud As diperintahkan membuat baju perang yang terbuat dari besi.

(Yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang saleh.Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan.”(QS Saba’[34]:11).
Secara tegas, ayat tersebut diatas memberikan contoh cara membuat baju perang dari besi.Kapankah peristiwa itu terjadi, dan bagaimana contoh baju besi yang di buat oleh Nabi Daud As tersebut?

Dalam buku Atlas Sejarah Nabi dan Rasul karya Sami bin Abdullah Al- Magluts, disebutkan Nabi Daud As diperkirakan hidup pada tahun 1041-971 sebelum masehi(SM).Dalam masa itulah Nabi Daud As pernah membuat baju dari besi.

Para ahli tafsir, seperti Al-Qurthubi mengungkapkan, kata Labus dalam surat Al-anbiyaa’ ayat 80 dan Saba’ ayat 10-11 bermakna baju-baju besi karena bermakna membentengi atau melindungi diri dari serangan musuh-musuh.Alba’su dalam kalimat tersebut setelah dibuang mudlaf: Aalatu ba’sikun.

1 comment: